Rapikan Senar, Berikan Pensil Pada Nut Dan Bridge (Sebelum Menyetem Biola)

Horeee saya punya biola baru… casing langsung dibuka, pasang, setem, dan bermain.


Yup, tidak menjadi soal, itulah keinginan seseorang setelah sekian lama mengidam-idamkan biola baru, dan akhirnya terpenuhi.

Saran saya, anda jangan terburu-buru langsung disetem. Biola yang baru saja dibeli, apalagi boleh saya katakan biola “biasa”, rata-rata merupakan biola buatan masal, sehingga detil pembuatannya tidak mendapat perhatian khusus. Apabila itu anda alami, coba perhatikan biola anda baik-baik dan coba cek tips dibawah.

Menurut TipsBiola.BlogSpot, tak peduli harga biola itu murah atau mahal, baru dibeli ataupun baru mengganti senar, ada 3 bagian yang perlu mendapat perhatian khusus, dan penting untuk diperhatikan atau perlu diselesaikan, sebelum mulai menyetem.

1) Kerapian gulungan atau lilitan senar pada tuning peg

Pastikan lilitan senar rapi, tidak saling numpuk, atau bersentuhan dengan senar yang lain, dan memiliki celah pada sisi kanan dan kiri dari bagian dalam pegbox, fungsinya untuk memberi ruang pada saat penyeteman.
Gulungan senar pada biola
Kerapaian Lilitan Senar

2) Bagian Nut : Berikan pensil pada alur nut (yang dilewati senar)

Alur yang saya maksud adalah semacam “parit kecil” yang dibuat sebagai saluran untuk dilalui senar. Berikan pelicin pada alur tersebut dengan menggunakan pensil. Tujuannya agar pada saat penyeteman, senar tidak mudah tergores atau terluka akibat gesekan pada kayu.
Pelicin (Pensil) Pada Nut Biola
3) Bagian Bridge : Berikan pensil pada alur bridge (yang dilewati senar) dan Atur posisi bridge.

Berikan pensil pada alur bridge. Selain berfungsi sebagai pelicin, pensil berguna untuk meminimalisir tertariknya bridge dengan cepat ke arah fingerboard (miring) pada saat penyeteman, dan mengurangi resiko senar tergores, sekalipun kayu bridge masih tergolong empuk.
Pelicin (Pensil) Pada Bridge Biola
Yang berikut, perhatikan letak bridge, sebaiknya berada di tengah-tengah antara f-hole, dan lurus membentuk sudut 90 derajat (biasanya dilihat dari sisi belakang bridge). Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyiimak contoh video di youtube tentang "3 Poin Penting Sebelum Menyetem Biola (Rapikan Senar, Berikan Pensil Pada Nut Dan Bridge)"
***
Ini hal mendasar (tapi penting) tanpa melihat bagian alat yang lain, dan tanpa harus mengganti alat. Tips ini berguna untuk jangka waktu panjang, atau untuk memperpanjang umur pemakaian senar. Apalagi jika anda baru saja mengganti senar dengan senar yang cukup mahal hehehe kasihan sama senarnya.

Salam

4 comments:

  1. kalau udah terlanjur ada semacam goresan yang membekas pada nut tepat pada tempat yang dilalui senar apakah nut-nya bisa diganti??

    #FastRespondPlease

    ReplyDelete
  2. Pertanyaan yang sama, bagaimana cara mengatasi nut yang terlanjur terkikis terlalu dalam(rata dengan fingerboard)? Trimakasih

    ReplyDelete
  3. Pertanyaan yang sama, bagaimana cara mengatasi nut yang terlanjur terkikis terlalu dalam (rata dengan fingerboard)? Trimakasih

    ReplyDelete
  4. bagaimana menipiskan bridge biola ?

    ReplyDelete

Sebelum anda meninggalkan respon (komentar / pernyataan / pertanyaan / saran / dan sejenisnya), anda harus sadar sepenuhnya serta menyetujui bahwa :

1) Respon anda sebenarnya bukan untuk diri anda sendiri tetapi dapat berguna untuk orang lain.
2) Respon anda akan dibaca oleh semua orang. Oleh karena itu :

♦ Respon anda harus berkaitan dengan topik. Respon yang tidak sesuai dengan topik, tidak akan disetujui.
♦ Gunakanlah etika dalam menulis, serta bahasa penulisan yang mudah dipahami orang lain.
♦ Disini anda tidak sedang mengetik SMS (Short Message Sent / pesan singkat) untuk teman anda. Kebiasaan menuliskan sms dengan banyak singkatan belum tentu bisa dimengerti oleh semua kalangan.
♦ Anda dimohon untuk tidak memposting link aktif. Respon yang memiliki link aktif tidak akan disetujui.

Baca juga persyaratan lainnya pada : Syarat Dan Ketentuan.

Terima Kasih.