Posisi Siku, Telapak Tangan, Dan Penempatan Jari Tangan Kiri


Sebelum anda melanjutkan mempelajari bagian ini, saya berharap anda sudah memahami tentang postur menahan biola. Jika sudah paham silahkan dilanjutkan. Disini saya akan membahas tentang bagaimana posisi siku tangan kiri, postur telapak tangan kiri serta bentuk jari tangan kiri diatas fingerboard pada saat menekan senar.

Posisi Tangan Kiri (Siku)

Pada posisi awal menahan biola, lengan akan berada secara alami – sejajar disamping kiri tubuh kita (gambar 1). Untuk memberikan suport yang baik pada jari, majukan siku ke depan agar berada dalam garis vertikal yang hampir selalu sejajar dengan scroll dan “hidung” (gambar 2 = tampak samping dan untuk tampak depan = gambar 4). Perhatikan garis lingkar merah pada wajah (arah pandangan mata), scroll dan siku pada gambar 4.


Jika siku dimajukan lagi (gambar 3) – posisi ini sangat baik dalam memberikan suport pada otot jari ketika menekan senar, terutama jari kelingking.

Sekarang Perhatikan garis putus-putus berwarna hijau pada telapak tangan dan lengan pada gambar 4 yang menandakan bahwa lengan bawah dan telapak tangan harus selalu berada dalam posisi lurus.

Perlu diperhatikan bahwa siku atau lengan jangan bersandar pada tubuh (rusuk) untuk menahan berat biola, karena hal ini hanya akan menghambat gerakan tangan, atau anda harus secara sadar untuk merasakan adanya spasi antara siku dan rusuk (gambar 4). Berhubung saya bertubuh “langsing” hehehe, jadi spasinya nampak jelas.

Penempatan Jari

Letak jari telunjuk akan menjadi dasar sekaligus patokan ketika membunyikan nada (menekan senar) yaitu : sandarkan sisi jari telunjuk pada nut. Gambar dibawah adalah contoh beberapa posisi jari telunjuk, karena mengingat bentuk tangan setiap orang berbeda (panjang, pendek, besar dan kecil), dan andalah yang mengetahui bagaimana posisi jari anda.
Perlu selalu diingat bahwa untuk menghasilkan jari yang kuat, ringan, dan rileks, dimanapun posisi penjarian ketika bermain biola => jari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking harus rajin dilatih untuk selalu melengkung.
Memang lengkungan jari untuk tiap orang tidaklah sama, tetapi “lengkungan” yang dimaksud adalah yang sesuai dengan postur jari anda.

Jari jempol (Ibu Jari)

“Telapak jari” jempol diletakkan pada neck (leher biola), yang juga bertugas untuk manahan sebagian tekanan jari saat menekan senar, bukan menjepit atau mencengkeram neck bahkan menahan berat biola.
Jempol hampir selalu berdampingan dengan jari telunjuk dan cukup fleksibel mengikuti arah dan gerakan tangan ketika lengan (siku) dimajukan atau dimundurkan – dan pastikan selalu lengan bawah dan telapak tangan tetap berada dalam posisi lurus.

Posisi Telapak Tangan

Contoh pada gambar dibawah adalah posisi telapak yang bersandar pada neck. Posisi telapak seperti ini hanya akan : membuat jemari kaku, cenderung mencengkeram neck, dan digunakan untuk berat biola.

Posisi telapak seperti ini juga menjadi penghalang ketika tangan kiri hendak bergeser posisi untuk memainkan nada yang lebih tinggi.
Posisi telapak tangan yang baik adalah tidak bersandar pada neck untuk menopang biola, dan selalu ada spasi antara neck dan “telapak”.
Sekali lagi saya ingatkan bahwa tidak ada bagian dari tangan kiri baik telapak maupun jari yang digunakan untuk menahan berat biola.

Poin Yang Perlu Diingat
  • Biola dipegang oleh bahu dan rahang (dagu), dan bersandar pada leher.
  • Jangan gunakan jari jempol atau jari telunjuk sebagai tumpuan untuk menahan berat biola.
  • Jari jempol dan jari telunjuk jangan menjepit atau mencengkeram neck.
  • Neck dan fingerboard adalah “pusat pergerakan tangan kiri”.
  • Jaga posisi lengan dan telapak dalam posisi natural (lurus)

Awal belajar, pasti anda akan menemukan banyak kendala, jangan memaksakan satu keadaan bagian tubuh yang lelah, pegal otot, ataupun sakit, sebaiknya beristirahat. Anda masih memiliki hari esok untuk berlatih lagi.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Sebelum anda meninggalkan respon (komentar / pernyataan / pertanyaan / saran / dan sejenisnya), anda harus sadar sepenuhnya serta menyetujui bahwa :

1) Respon anda sebenarnya bukan untuk diri anda sendiri tetapi dapat berguna untuk orang lain.
2) Respon anda akan dibaca oleh semua orang. Oleh karena itu :

♦ Respon anda harus berkaitan dengan topik. Respon yang tidak sesuai dengan topik, tidak akan disetujui.
♦ Gunakanlah etika dalam menulis, serta bahasa penulisan yang mudah dipahami orang lain.
♦ Disini anda tidak sedang mengetik SMS (Short Message Sent / pesan singkat) untuk teman anda. Kebiasaan menuliskan sms dengan banyak singkatan belum tentu bisa dimengerti oleh semua kalangan.
♦ Anda dimohon untuk tidak memposting link aktif. Respon yang memiliki link aktif tidak akan disetujui.

Baca juga persyaratan lainnya pada : Syarat Dan Ketentuan.

Terima Kasih.