Apa Itu Purfling Dan Fungsinya Pada Biola (Akustik)

bro! di bodi biola itu ada garis hitam di pinggirannya, itu apa ya?



Pertanyaan ini tidak saya duga akan muncul dari seorang teman yang bisa dipastikan bahwa dia hanya penikmat musik yang tidak dapat bermain alat musik, tetapi dia malah menanyakan sesuatu yang mungkin tidak diperhatikan oleh “beberapa” pemain biola.


Itu disebut Purfling, sebutan untuk dekorasi yang dibuat pada bodi biola. Purfling terbuat dari gabungan antara kayu hitam dan putih, kecil dan tipis, yang “ditanam” pada pinggiran dari top plate dan back plate biola. Jadi pinggiran bodi biolanya dibuat semacam parit kecil, kemudian kayu tadi “ditanam” dengan menggunakan lem khusus.

Sebenarnya purfling bukan hanya dibuat pada biola (violin), tetapi juga digunakan untuk viola, cello, dan contrabass. Contoh yang digunakan pada gambar berikut adalah purfling pada viola (biola alto) yang diperkirakan usianya sudah lebih dari 30 tahun.
fungsi purfling pada violin, viola, cello, dan contrabass
Gambar Purfling Pada Viola (biola alto)

Fungsinya untuk apa?

Fungsi purfling bukan sekedar sebuah dekorasi untuk mempercantik tampilan biola, tetapi juga untuk melindungi bodi biola (top plate maupun back plate) supaya tidak mudah retak.

Retak?

Biola akustik terbuat dari kayu. Dalam jangka waktu panjang, kurang lebih atau mungkin sekitar 30 s/d 40 tahun terhitung sejak biola pertama kali dibeli, (yang namanya kayu) pasti mengalami penyusutan.

Apabila bodi biola tidak menggunakan purfling dan penyusutan yang terjadi cukup drastis, maka bodi biola “cukup mudah” retak, atau serat kayunya “terbuka”. Kecuali anda menjadi salah satu yang beruntung memiliki biola (tanpa purfling) yang bahannya (kayu) bagus, serta mendapat perawatan terbaik.

Selain itu, bodi biola direkatkan menggunakan lem, bukan paku. Penyusutan dapat saja menyebabkan bodi biola terlepas dari rangka, dan mungkin akan menjadi pekerjaan tambahan bagi seorang tukang reparasi biola ketika memperbaikinya, apalagi jika kedudukan bodi yang terlepas kurang pas (lebih kecil) dari sebelumnya :).

Penggunaan purfling akan meminimalisir masalah yang telah disebutkan diatas, tapi ceritanya lain lagi jika kayu biola (baru) emang sudah kering, untuk kemungkinan retak itu cukup kecil, kecuali biolanya anda banting hehehe

Untuk videonya? ada banyak pilihan di youtube, silahkan cari sendiri dengan kata kunci purfling, disana anda bisa langsung mengamati cara pembuatannya.

Jika biola anda mengalami hal demikian, carilah tukang reparasi biola yang handal, maaf, tipsbiola.blogspot.com bukan tukang kayu hehehe. Semoga biola anda selalu aman sentosa :).

Salam.

No comments:

Post a Comment

Sebelum anda meninggalkan respon (komentar / pernyataan / pertanyaan / saran / dan sejenisnya), anda harus sadar sepenuhnya serta menyetujui bahwa :

1) Respon anda sebenarnya bukan untuk diri anda sendiri tetapi dapat berguna untuk orang lain.
2) Respon anda akan dibaca oleh semua orang. Oleh karena itu :

♦ Respon anda harus berkaitan dengan topik. Respon yang tidak sesuai dengan topik, tidak akan disetujui.
♦ Gunakanlah etika dalam menulis, serta bahasa penulisan yang mudah dipahami orang lain.
♦ Disini anda tidak sedang mengetik SMS (Short Message Sent / pesan singkat) untuk teman anda. Kebiasaan menuliskan sms dengan banyak singkatan belum tentu bisa dimengerti oleh semua kalangan.
♦ Anda dimohon untuk tidak memposting link aktif. Respon yang memiliki link aktif tidak akan disetujui.

Baca juga persyaratan lainnya pada : Syarat Dan Ketentuan.

Terima Kasih.