Suku Cadang Dan Aksesori Biola Yang Dapat Diganti

Kali ini TipsBiola.BlogSpot ingin memberikan informasi singkat tentang suku cadang (alat) dan atau aksesori biola yang dapat diganti. Apakah penggantiannya dilakukan karena mengalami kerusakan ataupun sengaja diganti dengan kualitas yang lebih baik untuk menunjang proses latihan.

Tuning peg / Peg (Blank Pegs)

Disebut blank pegs karena memiliki diameter yang lebih besar, sehingga kita sendiri yang harus mengampelasnya agar sesuai dengan diameter lubang pada peg box biola kita (maaf saya tidak punya gambar, tetapi anda bisa mencarinya lewat google dengan kata kunci : violin peg).

Selain itu, blank pegs belum memiliki lubang untuk mengkaitkan senar, tujuannya agar letak lubang bisa disesuaikan sendiri, itu berarti anda sendiri yang harus membuatnya dengan menggunakan bor kecil (bisa menggunakan bor pcb : tukang reparasi elektronik (TV, Radio dll) tentu memiliki alat ini, atau dapat anda beli di toko yang menjual komponen elektronik).

Peg (Siap Pakai)

Ini adalah peg yang memang sudah dilubangi untuk mengkaitkan senar (siap pakai), kita tinggal mencocokkan dengan peg box.
peg biola
Ada toko yang menjual tuning peg secara satuan (eceran), tetapi ada juga yang dijual per set (4 buah).



Bridge (Blank Bridge)

blank bridgeDalam kondisi masih baru, bridge tidak dapat langsung digunakan karena ukurannya lebih besar. Jadi sebelum digunakan, kaki, ketebalan, dan ketinggian bridge harus diamplas agar ukurannya bisa sesuai dengan biola kita.

Penggantian alat ini boleh dibilang gampang-gampang susah, saran saya sebaiknya percayakan sama tukang reparasi biola, biar pengerjaannya bisa lebih maksimal. 

Apabila anda ingin menggantinya, gantilah bridge yang sesuai dengan ukuran biola anda agar tidak kebesaran atau kekecilan, karena dapat mempengaruhi bunyi.

Fine Tuning / Fine Stemmer

Adalah alat pelengkap (alat bantu penala) yang dipasang pada tailpiece yang terbuat dari kayu. Jika anda membeli biola, dan mendapatkan biola anda belum memiliki alat ini, dan jika anda menginginkan untuk menggunakannya maka alat ini bisa dibeli di toko alat musik. Ada yang menjualnya secara eceran maupun per set.




Tailpiece / String Holder

Alat yang berfungsi untuk mengkaitkan senar ini ada yang terbuat dari kayu, alumunium, bahkan plastik keras.

Tailpiece yang terbuat dari alumunium biasanya sudah memiliki fine tuning, jadi pembuatannya memang dibuat menyatu dengan fine tuning. Kalau anda hendak mengganti dengan yang terbuat dari kayu, maka fine tuning harus dibeli sendiri.

Tailgut / Tailpiece Loop

Adalah tali untuk mengikat tailpiece, kemudian dicantolkan pada button. Tali berbahan fiber ini “jarang” sekali rusak. Hanya ada dua sebab jika terjadi kerusakan yaitu karena kesalahan pada awal pemasangan atau memang cacat produk.

Button / Pin / End Pin

Alat ini digunakan untuk mencantolkan tailgut. Alat ini tidak direkatkan pada biola, terdapat lubang pada bodi biola bagian bawah sebagai tempat dudukan button.

Mirip dengan tailgut, alat ini hampir “tidak pernah” rusak, kecuali biola anda jatuh dengan posisi button lebih dulu membentur lantai.


Chin Rest

Bahan pembuatan sandaran dagu ini ada yang terbuat dari kayu, plastik keras, atau fiber. Alat ini diproduksi dalam beberapa bentuk. Anda dapat mencoba bentuk yang lain jika anda merasa dagu kurang nyaman ketika diletakkan diatasnya.
sandaran dagu untuk biola
Bow

Bow sudah sepaket saat kita membeli sebuah biola, namun dapat juga dibeli secara terpisah jika anda memang ingin menggantinya.

Hair Bow

rambut bow biola
Hair bow dibuat dari rambut kuda, namun ada juga yang menggunakan bahan sintesis. Selain bow secara utuh, hair bow (hanya hair) juga dijual terpisah.
Jika hair bow anda sudah semakin sedikit, atau sering putus, atau copot dari stick, sebaiknya percayakan pemasangan atau penggantiannya pada tukang reparasi. Apabila anda tidak mau repot dan memiliki dana lebih, sekalian saja mengganti bow dengan kualitas yang lebih baik.

Senar

Senar biola memiliki ragam merk, pada “merk tertentu” senar biola memiliki dua jenis yang dibedakan berdasarkan tensi yaitu : soft tension, medium tension.

Catatan : senar yang paling sering putus adalah senar E dan senar A, sehingga disarankan agar anda memiliki senar cadangan. Senar dapat diperoleh dalam jumlah satuan atau eceran, maupun set yang berisi 4 buah senar.

Shoulder Rest

Adalah salah satu aksesori biola yang berfungsi untuk meringankan beban bahu dalam menopang biola. Alat ini diproduksi dalam bentuk dan model yang dapat disesuaikan dengan bentuk bahu, salah satu contoh bisa dilihat pada gambar.
Rosin / Hars

Sama halnya dengan bow, rosin sudah sepaket pada saat kita membeli biola, namun dapat juga dibeli secara terpisah. Rosin yang bagus memiliki daya rekat yang baik sehingga gesekan bow (rambut bow) pada senar menjadi lebih lengket.

Catatan : Rosin mudah sekali pecah jika terbentur atau jatuh. Jadi disarankan untuk berhati-hati dalam penggunaannya.

***

Setiap penggantian alat harus dilakukan dengan sabar dan teliti, atau memerlukan tukang reparasi biola berpengalaman atau alat dan bahan tertentu. Untuk alat yang dapat diganti sendiri, saya tidak bertanggung jawab jika ketidaksabaran anda merusak biola anda, akibat salah pengertian dalam membaca / penjelasan yang kurang jelas / terdapat kekeliruan penulisan. Jika ada kesempatan baik, TipsBiola.BlogSpot akan menuliskannya.

Oke sekian dulu informasinya.. semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Sore Bpk. Ellert Ngutra, saya ingin bertanya lubang tuning peg biola yg saya punya agak terlalu besar sehingga tuning peg yang telah saya beli tidak terpasang karna kekecilan,apakah lubangya tidak standar y ? merk biola saya Hofner 4/4 mohon saran dan bantuanya ,Terimakasih

    ReplyDelete
  2. saya ingin bertanya, saya baru megang biola tahun. pada saat menggesek senar G, suara yang dihasilkan biola saya terdengar berat dan juga menghasilkan debuh-debu halus hitam. saya juga melihat pada senar biola saya terdapat noda" hitam, yang ketika saya pegang, akan menghasilkan warna hitam pada jari saya. dan juga pada senar E, suara yang dihasilkan tidak begitu bagus seperti suara biola pada umumnya. sebenarnya apa yang membuat suara yang dihasilkan biola itu terdengar jernih dan bagus ? dan apakah saya harus mengganti biola saya ataukah hanya senar saya saja?
    mohon dijawab pak, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saran saya mending di lem biru aja ibu biola nya, lembiru (lamparin beli yang baru) hehehee. kalau butuh biola saya ada nih, kebetulan mau saya jual, merk ferona , 3/4

      Delete
  3. Sy mau nanya klo kayu penahan bagian dalam.biola lepas apa mempengaruhi suara biola? Soalnya saya baru mau belajar lg, tp pas lihat kondisi biola lepas bagian penyangganya itu

    ReplyDelete

Sebelum anda meninggalkan respon (komentar / pernyataan / pertanyaan / saran / dan sejenisnya), anda harus sadar sepenuhnya serta menyetujui bahwa :

1) Respon anda sebenarnya bukan untuk diri anda sendiri tetapi dapat berguna untuk orang lain.
2) Respon anda akan dibaca oleh semua orang. Oleh karena itu :

♦ Respon anda harus berkaitan dengan topik. Respon yang tidak sesuai dengan topik, tidak akan disetujui.
♦ Gunakanlah etika dalam menulis, serta bahasa penulisan yang mudah dipahami orang lain.
♦ Disini anda tidak sedang mengetik SMS (Short Message Sent / pesan singkat) untuk teman anda. Kebiasaan menuliskan sms dengan banyak singkatan belum tentu bisa dimengerti oleh semua kalangan.
♦ Anda dimohon untuk tidak memposting link aktif. Respon yang memiliki link aktif tidak akan disetujui.

Baca juga persyaratan lainnya pada : Syarat Dan Ketentuan.

Terima Kasih.