Serbuk Rosin Yang Menempel Pada Bow Dan Biola



Debu Rosin Pada Bow



Namanya juga hair (rambut), sementara kita sendiri senang memegang rambut kita, terutama saat menyisir di depan cermin, “sudah rapi belum yah?”, “sudah rapi belum yah?”… waaah sebaiknya jangan lakukan hal itu pada hair bow anda. Kenapa?



Tangan kita berminyak bahkan kita tidak pernah tau berapa banyak debu yang melekat di tangan kita. Kalau hair bow sering dipegang, maka minyak dan debu/kotoran yang berasal dari tangan kita akan menempel bersama “serbuk” rosin yang terdapat pada bow.

Lihat bagian yang berwarna hitam kecokelatan pada contoh gambar 1 dibawah, itu adalah kotoran yang berasal dari tangan yang sering memegang rambut bow yang bercampur dengan berbagai debu, baik “debu” hars sendiri maupun debu lain, dan menjadi seperti kerak. Ini sulit dibersihkan, dan dapat membuat hair mudah putus. Sedangkan pada gambar 2 dan 3, itu adalah contoh debu rosin yang menempel pada bow stick (tidak pernah dibersihkan).

Selain hair bow kotor dan mudah putus akibat sering dipegang, rosin yang akan digosokkan pada hair pun tidak dapat melekat dengan baik, karena hair sudah terlanjur berminyak, akibatnya saat senar digesek, bunyi gesekan akan terdengar aneh.

Bagaimana Cara Membersihkan Kerak Rosin Pada Stik Bow? (Update & Revisi)

Banyak jenis “cairan keras” yang sudah saya gunakan, dan ada dua jenis cairan yang dapat digunakan, yaitu minyak tanah (di rumah pun tersedia), dan spir*tus (harus beli di toko bangunan).

Cara pertama, menggunakan Minyak Tanah.
  • Pisahkan dahulu frog (dan hair) dari stick dengan cara mengendorkan screw tension hingga terlepas.
  • Oleskan minyak tanah pada bagian kerak yang sudah mengeras dengan menggunakan jari atau kain.
  • Diamkan sekitar 1 menit, diperkirakan minyak sudah cukup meresap.
  • Basahi kain dengan minyak tanah, lalu gosok stick bow hingga bersih.
Memang agak lama jika kita menggunakn cairan ini, tetapi ini adalah alternatif jika anda tidak ingin mengeluarkan duit untuk membeli spir*tus.

Cara kedua, menggunakan Spir*tus. Ini cairan keras yang lebih ampuh (cepat) dibandingkan mnyak tanah, tetapi jangan berlama-lama.
  • Pisahkan dahulu frog (dan hair) dari stick dengan cara mengendorkan screw tension hingga terlepas.
  • Basahi kain dengan cairan, dan segera gosok stick bow yang kotor. Jangan berlama-lama karena cairan ini cepat menguap.
  • Lakukan beberapa kali hingga bersih.
Resiko yang terjadi untuk stick bow yang memiliki politur yang tipis adalah cat atau politur pada bow mudah memudar. Apabila cat / politur ikut terhapus, saya rasa tidak ada salahnya jika kita meminta politur bening sebanyak satu sendok makan pada tukang mebel untuk mengkilapkan bow kembali hehehe, sekaligus untuk melindungi debu rosin yang akan menempel lagi.

Bagaimana Cara Membersihkan Rambut Bow? (Update & Revisi)

Apabila hair bow sudah terlampau kotor (seringnya dekat dengan frog), gunakan kain yang dibasahi dengan cairan spirtus, kemudian usap dengan perlahan pada bagian yang kotor.


Debu Rosin Pada Biola

Sudah pasti debu rosin tidak hanya menempel pada bow saja, tetapi juga pada senar, fingerboard, dan bodi biola anda. Pertanyaan saya, bagaimana jika debu rosin yang ada pada biola anda tidak pernah dibersihkan? Jawabannya anda pasti sudah tau, yaitu nasib biola anda akan sama seperti bow stick yang terdapat pada gambar 2 dan 3.

Solusi Perawatan Terbaik

Rajin dibersihkan sejak pertama kali dibeli. Setelah digunakan dalam berlatih, gunakan kain lembut untuk mengusap sisa debu pada bow dan biola agar bersih.

Oke, sekian share seputar debu rosin pada biola dan bow. Semoga bermanfaat.


1 comment:

Sebelum anda meninggalkan respon (komentar / pernyataan / pertanyaan / saran / dan sejenisnya), anda harus sadar sepenuhnya serta menyetujui bahwa :

1) Respon anda sebenarnya bukan untuk diri anda sendiri tetapi dapat berguna untuk orang lain.
2) Respon anda akan dibaca oleh semua orang. Oleh karena itu :

♦ Respon anda harus berkaitan dengan topik. Respon yang tidak sesuai dengan topik, tidak akan disetujui.
♦ Gunakanlah etika dalam menulis, serta bahasa penulisan yang mudah dipahami orang lain.
♦ Disini anda tidak sedang mengetik SMS (Short Message Sent / pesan singkat) untuk teman anda. Kebiasaan menuliskan sms dengan banyak singkatan belum tentu bisa dimengerti oleh semua kalangan.
♦ Anda dimohon untuk tidak memposting link aktif. Respon yang memiliki link aktif tidak akan disetujui.

Baca juga persyaratan lainnya pada : Syarat Dan Ketentuan.

Terima Kasih.