Teknik Dasar Menahan Biola


Cara Memegang / Menahan Biola

Postur menahan biola memegang peranan penting ketika bermain biola. Cukup banyak dari violinist yang sedang belajar, seringkali merasa belum nyaman dalam menahan biola. Memang tidak mudah dan tidak bisa dilatih dalam sekejap. Jika anda merupakan salah satu yang masih merasakan ketidaknyamanan dalam hal menahan biola, coba ikuti dengan seksama tentang proses atau tahap dasar menahan biola.

Tahap Dasar

Sahabat jangan terburu-buru – bacalah dengan teliti, kemudian cocokkan dengan gambar oke?

◘ Pastikan posisi tubuh anda tegap, dada boleh sedikit dibusungkan dalam arti jangan bungkuk, kepala dan pandangan tetap lurus ke depan.


◘ Pegang biola anda (Gambar 1), letakkan diatas bahu / tulang selangka dan pandangan masih tetap kedepan (Gambar 2), lalu menoleh ke kiri (Gambar 3) dan letakkan rahang (dagu) diatas chin rest (Gambar 4).

◘ Perhatikan dan rasakan bodi biola ketika berada diatas bahu anda, dan jaga posisi bahu agar tetap natural dalam menahan berat biola (gambar 5).

cara menahan biola

Catatan Dalam Menahan Atau Memegang Biola

◘ Perhatikan jarak biola diantara bahu dan back plate biola (Gambar A) tanpa menggunakan shoulder rest. Apabila anda memegang biola dengan cara ini (Gambar A), kepala memang akan terasa nyaman, tetapi, beban biola akan tertumpu pada tangan kiri.

◘ Bahu tidak disarankan untuk diangkat keatas (Gambar B). Jika anda memiliki kebiasaan ini, sebaiknya diubah karena :
  1. Posisi ini menyebabkan biola mudah terpeleset.
  2. Tangan kiri jadi terbeban karena ikut menahan berat biola, dan akan menghambat pergerakan tangan ketika bergeser untuk memainkan nada yang lebih tinggi.

◘ Gunakan cara alami dengan memajukan siku, maka secara otomatis bahu akan “sedikit maju” dan membantu menopang biola (Gambar C ke D).

◘ Posisi dasar (standar) untuk siku adalah berada dibawah biola, atau sejajar dengan fingerboard / neck (Gambar D).
cara menahan biola
◘ Jika leher anda cukup jenjang, maka kepala anda terpaksa harus “sedikit” menunduk agar dapat membantu. Tetapi jangan terlalu banyak merunduk karena akan menyebabkan otot leher cepat tegang.

Menggunakan Shoulder Rest Atau Tidak?

tahan biola pakai shoulder restShoulder rest akan sangat membantu jika anda termasuk dalam kategori orang tinggi, kurus atau langsing (seperti saya), tentu memiliki leher yang panjang. Shoulder rest membantu posisi kepala tetap dalam keadaan natural, tidak banyak menunduk, miring kiri/kanan, serta bahu tidak melambung tinggi. Sehingga meski tanpa bantuan tangan, biola dapat ditahan dengan baik, dan tidak terjatuh.

Bagi sebagian orang, tanpa shoulder rest pun tidak menjadi masalah terlebih  bagi mereka yang memiliki banyak lemak di bahu dan pipi (dagu) he he he.

Pemain biola jaman dulu pun tidak menggunakan shoulder rest dan chin rest, karena memang kedua alat ini belum ditemukan. Tetapi sekarang-pun tidak sedikit pemain biola yang bermain biola tanpa menggunakan shoulder rest, tentunya ini bukan masalah bagi mereka.

Poin Dalam Menahan Biola

Biola dipegang (ditahan) oleh rahang bawah (dagu) dan tulang selangka (bahu), serta tetap bersandar (menempel) pada leher, dengan sebuah catatan penting bahwa bahu tetap dalam posisi natural, dan kepala tetap lurus (tidak miring ke kiri atau ke kanan).

Jadi…. selalu ingatkan diri sendiri mengenai posisi tubuh untuk tetap tegap, dan sekali lagi, apapun pilihan anda – dengan atau tanpa menggunakan shoulder rest, berlatihlah sambil bercermin dan pertahankan bahu serta dagu (kepala), pada posisi yang nyaman dengan posisi tubuh tetap tegap. Ingatlah bahwa awal latihan anda akan cepat kelelahan, namun jika dilatih perlahan, lama kelamaan akan terbiasa.

Semoga Bermanfaat

2 comments:

  1. Pak tulang selangka saya selalu sakit kalau dibuat menahan biola. Cara mengatasinya gmn ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. saya hetty sihite....siang pak...saya mau bertanya bagaimana caranya memainkan sebuah vibrato yg baik tanpa terasa sakit sekali belajarnya...terutama sakitnya pada leher...

    ReplyDelete

Sebelum anda meninggalkan respon (komentar / pernyataan / pertanyaan / saran / dan sejenisnya), anda harus sadar sepenuhnya serta menyetujui bahwa :

1) Respon anda sebenarnya bukan untuk diri anda sendiri tetapi dapat berguna untuk orang lain.
2) Respon anda akan dibaca oleh semua orang. Oleh karena itu :

♦ Respon anda harus berkaitan dengan topik. Respon yang tidak sesuai dengan topik, tidak akan disetujui.
♦ Gunakanlah etika dalam menulis, serta bahasa penulisan yang mudah dipahami orang lain.
♦ Disini anda tidak sedang mengetik SMS (Short Message Sent / pesan singkat) untuk teman anda. Kebiasaan menuliskan sms dengan banyak singkatan belum tentu bisa dimengerti oleh semua kalangan.
♦ Anda dimohon untuk tidak memposting link aktif. Respon yang memiliki link aktif tidak akan disetujui.

Baca juga persyaratan lainnya pada : Syarat Dan Ketentuan.

Terima Kasih.